Rabu, 21 Februari 2024 18:48 WIB

Peresmian Kantor UPTD Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Cineam

Jumat, 15 Desember 2023 12:49:16

Oleh: Redaksi | 433 view

Tribuana News. Cineam - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya yang diwakili Sekdis meresmikan Gedung Baru UPTD Badan Penyuluh Pertanian Kecamatan Cineam yang berlokasi di Desa Cijulang Kecamatan Cineam Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (12/12/2023).

Turut hadir Kepala Muspika Kecamatan Cineam, Koordinator BPP SPT, para Kepala Desa se-Kecamatan Cineam, Poktan, Gapoktan, KWT, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan lainnya .

"Pertama kita bersyukur bahwa hari ini melalui keputusan Bupati bahwa di Cineam berdiri Kantor Balai Penyuluhan Pertanian yang representatif, dan ini diharapkan pertanian di Cineam khususnya akan punya dampak dari sisi produktivitas dari sisi kelembagaan 
baik penyuluh maupun petani," ungkap Tatang Wahyudi, SP., MP, selaku Sekretaris  Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Kelautan Kabupaten Tasikmalaya kepada Tribuana News usai kegiatan.

Lebih lanjut Tatang berharap agar petani bisa meningkatkan perannya,  tentu dengan peningkatan produktivitas kita maka pendapatan petani juga bisa meningkat dan ini menjadi balai bagi kita para petani, dan balai ini adalah rumah kedua bagi mereka.

Sementara itu Koordinator BPP SPT Catur Hadianto menyampaikan apresiasinya terhadap Poktan, Gapoktan, KWT, dan pihak terkait yang begitu kompak berupaya mewujudkan kantor UPTD BPP Kecamatan Cineam ini.

"Melihat antusias dan kekompakan Poktan, Gapoktan, KWT, dan para petani tentunya kami berharap kekompakan yang sudah terjalin harus ditingkatkan lebih baik lagi," ujarnya.

Camat Cineam yang pada kesempatan itu berhalangan hadir diwakili oleh Kepala Desa Cijulang Amir, memberikan sambutannya bahwa  atas nama masyarakat Kecamatan Cineam mengucapkan terima kasih sebesar besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan juga Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan  yang telah membangun gedung Balai Penyuluh Pertanian yang cukup reventstratif.

"Peran BPP di Kecamatan Cineam adalah sebagai titik awal penyuluhan pertanian yang dirancang sedemikian rupa pada era Pemerintahan sekarang sehingga BPP diharapkan memainkan 5 peran penting yaitu sebagai pusat data dan informasi, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat pembelajaran dan pusat konsultasi bagi agrobisnis, serta pusat pengembangan jejaring dan kemitraan," tegasnya.

Amir menambah bahwa lahan yang digunakan untuk kantor UPTD BPP ini adalah aset Desa Cijulang, maka pihaknya telah mengeluarkan Surat Keputusan tentang Hak Guna Pakai.

"Silahkan digunakan dengan semaksimal mungkin untuk kontribusi seluruh sektor pertanian yang ada di Kecamatan Cineam," pungkasnya.

Alhamdulillah... ini juga berkat dukungan Kepala Desa kepada BPP yang sangat baik dan sangat antusias sekali. Harapannya mudah-mudahan petani lebih sering berkunjung ke sini dan lebih meningkatkan taraf hidupnya, pertaniannya juga lebih maju lagi," pungkasnya.- (Iwa - Ayi)

Komentar Anda

BACA JUGA