Minggu, 23 Juni 2024 02:10 WIB

Peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP Ke-74 & Satlinmas Ke-62 Tingkat Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2024

Kamis, 30 Mei 2024 13:56:13

Oleh: Redaksi | 134 view

Tribuana News Tasikmalaya

Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Dr.H.Mohammad Zen, menjadi inspektur upacara  pada HUT POL PP & Satlinmas, bertempat di halaman parkir gedung Sekretariat Daerah Komplek Perkantoran Jalan Bojongkoneng, Singaparna, sekaligus bacakan sambutan Bupati H.Ade Sugianto, S.Ip., yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, bahwa “apel gelar pasukan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-74 Satpol PP dan ke-62 Satlinmas. Dimulai dari tingkat nasional telah dilaksanakan pada tanggal 3 Maret 2024 di Sumatera Barat, tingkat provinsi yang dilaksanakan pada tanggal 7 s/d 8 Mei 2024 di Kabupaten Pangandaran, dan tingkat kabupaten dilaksanakan pada hari ini tanggal 30 Mei 2024 di halaman kantor Setda Kabupaten Tasikmalaya.” ujar Bupati.

Menurutnya hari ini harus dijadikan momentum penting untuk membenahi diri dan kelembagaan dalam meningkatkan profesionalitas dan kapasitas dalam menjaga ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat serta mempertegas identitas jati diri Satpol PP dan Satlinmas sebagai pengayom masyarakat yang akan selalu dinanti kehadirannya.

Bupati menekankan betul, titip kepada rekan-rekan Satpol PP dan Satlinmas terkait masalah kualitas ini, jangan berhenti untuk belajar dan berlatih, baik tentang hal-hal attitude dasar seperti masalah sikap, penampilan yang bagus dan rapi, dan memiliki kemampuan profesional yang baik, karena kualitas sdm menjadi kunci dalam memperkuat organisasi.

membangun kualitas organisasi dan sdm sangat penting dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan dan legitimasi dari publik. untuk itu, pengembangan diri perlu dilakukan melalui berbagai cara, baik secara formal maupun nonformal misalnya saja dengan melakukan studi kasus, pelatihan kesamaptaan dan keterampilan memecahkan masalah.

Satpol PP dan Satlinmas, selain menjadi mitra aparat keamanan, dan mengemban fungsi pelaksanaan penegakan Peraturan Daerah (Perda) juga memiliki peranan untuk melindungi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat. Oleh karenanya, pengembangan kapasitas personil baik skill, wawasan dan pola kerja menjadi sangat penting demi kesiapan melaksanakan tugas keseharian.

Oleh karena itu, peran strategis Satpol PP dan Satlinmas telah terbukti dalam menjaga situasi kondusif saat pelaksanaan tahapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatif pada 14 Februari 2024. Keberhasilan tersebut menjadi modal bagi Satpol PP dan Satlinmas untuk menjaga ketentraman masyarakat dengan sikap tegas namun humanis selama pelaksanaan Pilkada pada 27 November 2024 mendatang.

Untuk itu, kesiapsiagaan terhadap potensi gangguan Trantibumlinmas menjadi kunci sukses pelaksanaan Pilkada serentak yang aman dan damai. Hal ini harus menjadi tanggungjawab bersama dengan melakukan langkah-langkah antisipatif di wilayah masing-masing, khususnya kepada seluruh Camat dan Kepala Desa agar meningkatkan kesiapsiagaan dengan menyiapkan petugas Satlinmas yang handal dalam menjaga ketertiban umum sehingga proses demokrasi dapat berjalan lancar dan kondusif.

Bupati berharap, Satpol PP dan Satlinmas terus meningkatkan profesionalisme, menciptakan sinergi antara pemerintah kabupaten, kecamatan dan desa dalam mendukung terciptanya ketertiban umum, kami sangat berharap kiprah Satpol PP dan Satlinmas di seluruh Kabupaten Tasikmalaya terus diperkuat, baik dalam rangka pelaksanaan operasi yustisi maupun non yustisi.

"Teruslah menjadi pengayom masyarakat yang dicintai rakyat. Dirgahayu Satpol PP ke-74 dan Satlinmas ke-62. Semoga semakin profesional untuk mengawal tugas ketenteraman, ketertiban umum dan pelindungan masyarakat. Salam Praja Wibawa."

Pada akhir sambutan Bupati mengatakan beberapa hal yang dapat saya sampaikan, mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa menambah spirit untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas Satpol PP dan Satlinmas dalam menjalankan tugas. Hal ini tentunya perlu diikuti dengan semangat dan tanggungjawab yang tinggi dari masing-masing anggota.

Dr. Zen pada peringatan Satpol PP ke-74 & Satlinmas ke-62 memakai uniform Satpol PP.

Peserta upacara: Komandan Upacara Kepala Seksi Tibum Fregi. TNI-POLRI, Brimob Batalyon D, Satpol PP, Dishub, Damkar, BPBD, Satlinmas. Undangan yang hadir : Unsur Forkopimda, Petinggi ASN Setda, Kecamatan, KPU, Bawaslu, Perwakilan Kemenag, dan tamu undangan lainnya.

(Iwan Singadinata)

Komentar Anda

BACA JUGA