Minggu, 21 Juli 2024 16:56 WIB

Peringati Hari Santri Nasional Tahun 2023, Puluhan Ribu Santri Padati Stadion Wiradadaha Kota Tasikmalaya

Senin, 23 Oktober 2023 09:20:41

Oleh: Redaksi | 284 view

Tribuana News. Kota Tasikmalaya - Puluhan ribu santri dari seluruh Kota dan Kabupaten se Jawa Barat memadati Stadion Wiradadaha mengikuti Apel Besar dan Kirab Santri dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Provinsi Jawa Barat, Minggu, (22/10/2023) bertempat di Stadion Wiradadaha Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Kegiatan peringatan HSN tersebut dihadiri Pj. Gubernur Provinsi Jawa Barat, Kapolda Jawa Barat, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat, Unsur Forkopimda Kota Tasikmalaya, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Para Tokoh Agama dan Alim Ulama, serta tamu undangan lainnya. 

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin 
mengatakan, bahwa penetapan HSN merupakan keputusan Presiden Rwpublik Indonesia nomor 22 tahun 2015,hal tersebut merujuk kepada resolusi jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama Pondok Pesantren di seluruh wilayah Indonesia.

"Seruan itu mewajibkan setiap muslim untuk berjihad membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan NKRI," ungkapnya

Bey menekankan, bahwa peringatan HSN 2023 sebagai langkah untuk tidak melupakan perjuangan para santri dan ulama dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, sebab Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang berdiri sebelum kemerdekaan.

"Peringatan HSN sebagai momentum untuk mengenang dan mentauladani perjuangan para ulama dan santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan serta peranannya dalam pembangunan bangsa ini," jelasnya. (Herman).

Komentar Anda

BACA JUGA