Minggu, 25 Februari 2024 09:10 WIB

Prestasi Gemilang PKK Desa Mangunreja Juara I Tingkat Jawa Barat Gelari Pelangi Lomba GGM

Kamis, 24 Agustus 2023 16:23:56

Oleh: Redaksi | 579 view

Tribuana News. - Puncak Hari Kesatuan Gerak (HKG) yang ke-51 tahun 2023 Tingkat Jawa Barat menjadi  momen yang membanggakan bagi Tim Penggerak PKK Desa Mangunreja Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya. Mereka meraih Juara 1 pada Lomba Pendidikan dan Keterampilan tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan oleh TP-PKK Provinsi Jawa Barat.

Hj. Dini Nurdinawati, M.Pd atau yang biasa disapa 
Bunda Dini menjadi ujung tombak keberhasilan PKK Desa Mangunreja dengan penuh rasa bangga dan syukur, menyambut keberhasilan ini. Ia mengungkapkan bahwa proses menuju prestasi ini dimulai beberapa bulan yang lalu dan akhirnya pada Kamis, 27 Juli 2023, tim PKK Jawa Barat melaksanakan penilaian recheking. Kemenangan Juara 1 Tingkat Jawa Barat pada Gelari Pelangi Lomba Pendidikan dan Keterampilan menjadi pencapaian luar biasa yang diraihnya.

Bunda Dini juga mengungkapkan bahwa dalam lomba tersebut terdapat beberapa kategori, termasuk Gerakan Keluarga Indonesia Peningkatan Pendidikan dan Ekonomi (Gelari Pelangi) serta Lomba Rumah Pendidikan dan Keahlian (Rumah Dilan). PKK Desa  Mangunreja memiliki program-program yang masuk dalam kategori lomba tersebut, seperti Gerakan Gemar Membaca TBM.

"Kami memang ada program dari TP. PKK Kecamatan Mangunreja termasuk yang dilombakan seperti Gerakan Gemar Membaca TBM, Rumah Dilan, Kampung Mandiri, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan pengembangan koperasi, itu semua masuk kategori yang dilombakan," kata Bunda Dini

Keberhasilan ini menjadi bukti dedikasi dan kerja keras para kader PKK Desa Mangunreja dalam memberikan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bunda Dini yang juga sebagai penggiat literasi dan memiliki Taman Bacaan di rumahnya, dan sehari-hari adalah seorang Tenaga Pengajar di SMP Negeri 1 Mangunreja menambahkan bahwa Gerakan Gemar Membaca bertujuan untuk membudidayakan minat baca melalui penyediaan taman bacaan. Menggerakkan keluarga dalam pendidikan dan keterampilan untuk anak sekolah maupun anak putus sekolah.

Bunda Dini berharap prestasi ini akan meningkatkan kekompakan dan silaturahmi di antara anggota PKK, serta memberikan motivasi untuk terus berbuat lebih baik ke depannya. Bagi bunda Dini, yang lebih penting bukanlah juaranya, piala, atau piagamnya, melainkan bagaimana program-program tersebut dapat memberdayakan masyarakat, sesuai dengan tema HKG, yakni "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh dalam Mewujudkan Indonesia Tumbuh." (Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA