Selasa, 23 April 2024 03:17 WIB

Program BJB dan OPOP PN Diharap Mampu Dorong Pengembangan Ekonomi Pagar Nusa.

Senin, 16 Oktober 2023 12:05:53

Oleh: Redaksi | 176 view

TribuanaNews. Padakembang--Pengurus Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa Kabupaten Tasikmalaya menggelar diskusi tentang Pengembangan Ekonomi Pagar Nusa. Bertempat di Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung (STTC), Jl. Cisinga Km. 11 Cilampunghilir Kecamatan Padakembang. Pada Sabtu, (14/10/23). 

Giat tersebut merupakan upaya Pagar Nusa untuk kemandirian dan pembiayaan organisasi. 

Ketua PC Pagar Nusa Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sufian Sya'roni mengatakan bahwa pemikiran awal pengembangan ekonomi Pagar Nusa adalah bahwa Banom NU tersebut harus bisa mandiri dalam ekonomi ataupun pembiayaan keorganisasian. Dan hal tersebut selaras dengan salah satu program kerja Pimpinan Pusat Pagar Nusa dan PBNU yang mana organisasi NU dan seluruh Badan Otonom (Banom) harus mandiri dalam bidang ekonomi. 

"Adapun Pagar Nusa sebagai organisasinya para jawara dan ahli silatnya di NU itu sudah bagian yang sangat melekat dalam organisasi Pagar Nusa. Orang berbicara Pagar Nusa pasti tidak akan lepas dari silat dan yang lainnya, namun ada  beberapa ruang yang harus di isi oleh Pagar Nusa, salah satunya adalah program kemandirian ekonomi," jelasnya. 

Asep menambahkan, Program tersebut akan menampung semua produk rumahan yang ada di PAC (Pimpinan Anak Cabang) masing-masing, kemudian barang-barangnya akan pasarkan di pasar komunitas Pagar Nusa untuk tahap awal.

"Kita akan mapping pasar kemudian kita akan kawal pemasarannya baik secara konvensional atau kita akan menggunakan start up atau yang lain-lainnya," jelasnya.

Lebih lanjut Asep mengatakan, program ekonomi tersebut dinamakan Program BJB yang artinya "Belajar Jualan Bersama" dan OPOP PN, yaitu "One PAC, One Product". 

"Semoga program ini bisa berjalan dengan lancar bisa memandirikan ekonomi di semua tingkatan baik di Cabang ataupun di Kecamatan dan semoga Pagar Nusa kedepan bisa mandiri secara ekonomi," harapnya.- (Galih W)

Komentar Anda

BACA JUGA