Kamis, 13 Juni 2024 03:40 WIB

Rangkaian HAB ke-78, Kemenag Kabupaten Tasikmalaya Gelar Ziarah Masyayikh Pesantren

Senin, 18 Desember 2023 14:03:12

Oleh: Redaksi | 157 view

Tribuana News. Singaparna - Dalam Rangka Memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama RI ke-78 , Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya Gelar Ziarah Masyayikh ke empat Tokoh Pondok Pesantren yang ada di Tasikmalaya, diantaranya Makam Abah Anom Ponpes Suryalaya Ciawi, Makam Ua Ajengan Ponpes Miftahul Huda Manonjaya, Makam KH. Ruhiat Ponpes Cipasung, dan Taman Makam Pahlawan KH. Zainal Musthafa, pada Kamis (14/12/2023).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tasikmalaya, H. Dudu Rohman S.Ag., M.SI menuturkan bahwa Tujuan dari Ziarah ini yaitu sebagai ajang silaturahmi kepada tokoh agama (Pimpinan Pesantren) untuk memperkokoh kerukunan umat dan moderasi beragama.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia ke-78 dengan tujuan merekatkan tali silaturahmi antara warga kemenag dengan pondok pesantren, selain itu untuk memperkokoh kerukunan umat dalam rangka moderasi beragama sebagai program dari kemenag itu sendiri," jelasnya.

Disamping itu, Kepala Seksi Pendidikan Diniah dan Pondok Pesantren, Drs. H. Akhmad Buhaiti, M.SI menuturkan bahwa tujuan dari gelaran ziarah masyayikh ini yaitu untuk mengenal sepak terjang para tokoh dalam menyebarkan ajaran islam atau akidah ahli sunnah wal jamaah.

“Dengan dilaksanakannya ziarah masyayikh ini yaitu untuk mengenal sepak terjang para tokoh dalam menyebarkan ajaran islam atau akidah ahli sunnah wal jamaah, dan tentunya hal ini harus kita ketahui bersama sebagai umat beragama khususnya di Kabupaten Tasikmalaya," ujarnya. 

Ahmad menambahkan, tradisi ini menjadi kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Kemenag Kab. Tasikmalaya dalam merawat harmoni dan ikatan kekeluargaan antara Kementerian Agama dan semua unsur.
 
Kegiatan ini diikuti oleh Tim Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 75 orang yang diantaranya Kepala Kantor, Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Kepala Seksi dan Penyelenggara , Ketua dan Anggota DWP, Perwakilan JFT/JFU Kantor Kemenag, Kepala Madrasah Negeri, Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam, Pengawas Madrasah dan PAI serta disambut penuh oleh setiap warga pondok pesantren yang disinggahi.- (red/Humas Kemenag)

Komentar Anda

BACA JUGA