Minggu, 23 Juni 2024 02:48 WIB

Rembuk Stunting Menjadi Langkah Pemkab Ciamis Wujudkan Zero New Stunting 2024

Kamis, 30 Mei 2024 12:38:26

Oleh: Redaksi | 37 view

Tribuana News Tasik Kota

Penjabat (Pj) Bupati Ciamis, H. Engkus Sutisna yang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Andang Firman Triyandi memimpin Acara Rembuk Stunting dengan Tema “Gerakan Bersama Cegah Stunting Masyarakat Ciamis” di Aula Setda Kabupaten Ciamis pada hari Kamis, 30 Mei 2024 yang dihadiri oleh seluruh SKPD terkait dan Satgas Cegah Stunting Provinsi Jawa Barat.

Menurut data survei kesehatan Indonesia atau SKI tahun 2023 Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan jumlah masyarakat yang terkena stunting mencapai 25,4% yang mana lebih besar dari tahun sebelumnya. Hal tersebut tidak bisa dibiarkan dan harus menjadi perhatian bersama dalam memikirkan strategi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Ciamis. Dengan demikian pemerintahan Kabupaten Ciamis melakukan Rembuk Stunting yang menjadi langkah penting yang harus dilakukan pemerintah untuk memastikan rencana kegiatan interpeksi pencegahan dan penurunan stunting.

Dalam sambutannya Pj. Bupati Ciamis memaparkan bahwa strategi percepatan penurunan stunting bukan hanya tugas Kepala Dinas Kesehatan saja tetapi menjadi permasalah semua, oleh karena itu penyusunan strategi penurunan stunting ini melibatkan semua pemangku kepentingan mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa kelurahan.

“Mengingat penurunan stunting bukan menjadi tugas Kepala Dinas Kesehatan tetapi menjadi tugas kita semua, oleh karena itu penyelesaian masalahnya harus kita rembuk bersama-sama,” ujarnya.

Selain itu Pj. Bupati Ciamis juga mengajak semua stakeholder untuk terlibat aktif bersama-sama berupaya mencapai target nasional.

“Dalam kesempatan ini saya mengajak pada seluruh stakeholder terkait untuk tidak hanya struktur pemerintah saja tapi pihak swasta yaitu pengusaha, akademisi, media dan masyarakat untuk bersama-sama berupaya berkolaborasi dalam menumbuhkan sebuah komitmen dalam pencapaian target nasional” tambahnya.

Kegiatan ini ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Kepala Daerah yang diikuti oleh seluruh SKPD sebagai TIM Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Ciamis dan dilanjutkan dengan pembahasan teknis dan sesi diskusi evaluasi kinerja dari berbagai SKPD.

Sumber : Diskominfo Ciamis

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA