Selasa, 23 April 2024 03:02 WIB

SDI Mutiara Sahara Singaparna Berbasis Karakter, Membangun Generasi Emas

Kamis, 20 Juli 2023 14:40:36

Oleh: Redaksi | 603 view

Tribuana News. Singaparna - Sekolah Dasar atau SD adalah jenjang pendidikan dasar yang penting bagi tumbuh kembang anak-anak. Sebagai tahap awal pendidikan formal, sekolah dasar memegang peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

SD Islam Mutiara Sahara yang beralamat di Jln. Raya Timur No. 2 Cikiray Singaparna Tasikmalaya salah satu sekolah dasar yang menjadi pilihan para orang tua dalam menyekolahkan anaknya. 
Sekolah yang berbasis karakter ini menyelenggarakan pendidikan full day dan Islami ini merupakan sekolah swasta dibawah naungan Yayasan At-Taqwa.

Dalam pantauan Tribuana News di lokasi, Kamis (20/07/2023)
nampak beberapa ruang Kelas untuk proses belajar mengajar terlihat baru selesai dibangun.
Pada tahun ajaran baru 2023/2024, SDI Mutiara Sahara telah menerima siswa baru untuk Kelas 1 sebanyak 65 siswa (3 rombel), dan ruang kelas baru tersebut akan digunakan untuk siswa kelas 1.

Kepala SDI Mutiara Sahara, Iwa Kurniawan, S.P saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan bahwa Visi menjadi sekolah Islam unggul yang "Beriman" (Bersih, Indah & Nyaman), Kreatif, Inovatif, Sejahtera dan Mandiri sehingga terwujud suasana belajar yang menyenangkan dan membekas, serta dapat mengembangkan Multiple Intelegence menuju terwujudnya Generasi Emas 165.

"Sumber daya saja tidak cukup artinya kemampuan sarana – prasarana, tapi bagaimana program itu betul – betul dilaksanakan di sekolah dan saya pikir ini peran Guru Sekolah yang sangat menentukan tentu didukung oleh orang tua siswa dan masyarakat setempat,” ungkapnya.

SDI Mutiara Sahara juga menyelenggarakan program "Sahara Creative Center" diantaranya: bidang pelatihan vocal, melukis, Matematic Fun, Marching band, English fun, Komputer Interaktif, Silat Perisai Diri, Renang, Futsal, Kursus musik (piano, gitar, drumm), dan Peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam berbasis Mesjid.

Sementara itu dalam pembinaan karakter, SDI Mutiara Sahara melaksanakan pembiasaan antara lain Asmaul Husna yang menjadi tuh bagi anak dalam menjalani aktivitas sehari-hari, Sholat Dhuha dan mengaji menjadi kebiasaan sehari-hari yang tidak terlewatkan dalam mengawali pembelajaran.

Berbicara tentang prestasi, meskipun sekolah swasta berbasis karakter dan Islami namun SDI Mutiara Sahara tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal terbukti dengan berjejernya tropi/piala hasil dari prestasi yang ditorehkan siswa siswanya. 
Selain prestasi akademik, yang paling menonjol adalah dalam prestasi dari kejuaraan renang dan futsal. Hampir setiap event cabang olahraga renang, baik tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten bahkan Provinsi, maka siswa dari SDI Mutiara Sahara selalu menempatkan diri di Podium Juara. 
Semua itu tidak lepas dari hasil latihan yang diterapkan guru pembimbingnya Deri Purnama, S.Pd. yang juga kebetulan menjadi pelatih cabang Selam dan renang yang memiliki kompetensi, bahkan Deri Purnama juga duduk di Kepengurusan KONI Kabupaten Tasikmalaya.- (Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA