Minggu, 23 Juni 2024 02:46 WIB

Sekda Ciamis Hadiri Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Jumat, 17 Mei 2024 16:54:41

Oleh: Redaksi | 33 view

Tribuana News Ciamis

Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis H. Andang Firman Triyadi, Hadiri Sosialisasi Pencegahan dan Penanganan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak di Vidcon ULP Setda Kabupaten Ciamis, pada Jum’at (17/05/24).

Kegiatan ini juga dihadiri beberapa SKPD, diantaranya Kepala Camat, Kepala UPTD P5A, Kepala Desa, PKK Kecamatan, PKK Desa, Motekar, dan P2TP2A.

Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis H. Andang Firman Triyadi, menyampaikan data kasus kekerasan yang dialami oleh Perempuan dan Anak tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2024 serta harapan untuk penanganan kasus kekerasan perempuan dan anak yang semakin meningkat setiap harinya.

“Data yang tercatat pada 12 Mei 2024, terdapat 26 kasus dengan rincian kekerasan fisik terhadap anak 1 kasus, kekerasan seksual 11 kasus, kekerasan psikis 11 kasus, dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) 3 kasus. Berdasarkan data perihal kekerasan perempuan dan anak merupakan hal yang harus kita perhatikan secara serius dan ditangani oleh semua pihak yakni keluarga, dunia Pendidikan, hingga pemerintah kabupaten ciamis,” ungkap H. Andang Firman Triyadi

“Saya berharap dengan adanya kerja sama semua pihak seperti koordinasi, colaborasi dan aksi sebagai suportif dapat melindungi dan memberikan hak korban serta mengadakan dukungan kepada korban,” lanjutnya

Pada kesempatan yang sama Kejaksaan, Yuliarti menjelaskan bahwa tindak kekerasan yang sering terjadi saat ini adalah kekerasan terhadap anak. Kekerasan yang terjadi menimbulkan rasa takut untuk korban melapor terhadap pihak yang berwenang karena stigma yang akan muncul di masyarakat dan muka hukum.

Dalam menyikapi hal tersebut perlunya memberikan pengetahuan kepada perempuan dan anak tentang hal-hal apa saja yang masuk kedalam tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. Termasuk didalamnya pengetahuan tentang alur pelaporan serta menumbuhkan keberanian untuk melapor apabila ada atau terjadi tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Yuliarti juga menambahkan, harapan untuk kedepannya supaya sosialisasi ini dapat mengurangi angka kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kepada Bapak-bapak di Kecamatan maupun Desa semuanya untuk ikut andil dan proaktif supaya bisa membantu dan mendata warganya yang istrinya memiliki pekerjaan atau tidak agar meminimalisir terjadi tindak kekerasan terhadap anak,” ungkapnya

Terakhir, Dinas PPKBP3A Kabupaten Ciamis menyampaikan terimakasih kepada narasumber dan SKPD serta menyampaikan upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kekerasan kepada perempuan dan anak.

“Terimakasih kepada narasumber yang telah memberikan informasinya dengan jelas dan dapat dimengerti. Upaya yang bisa dilakukan saat mendapatkan perlakuan yang tidak wajar dapat melaporkan kepada unit PTP2A di tingkat kabupaten dan P5A di tingkat kecamatan. Mudah-mudahan sosialisasi ini bisa bermanfaat dan berkah untuk kita semua.”

Sumber : Diskominfo Ciamis

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA