Sabtu, 13 Juli 2024 22:25 WIB

Sekda Moh Zen: Honorer Lulusan SD Sekalipun Punya Peluang Untuk Jadi PPPK di Kab. Tasikmalaya

Sabtu, 15 Juni 2024 22:33:25

Oleh: Redaksi | 50 view

Tribuana News Tasikmalaya

Tenaga Honorer yang hanya berijazahkan Sekolah Dasar (SD) kini patut merasa lega. Pasalnya mereka memiliki kesempatan yang sama untuk bisa diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di wilayah Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya. Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya, Dr H Mohamad Zen, saat ditemui awak media.

Moh Zen mengatakan bahwa pemerintah daerah saat ini tengah melakukan pengangkatan aparatur sipil negara (ASN) dan PPPK secara bertahap. Menurut dia, kesempatan untuk menjadi PPPK tidak hanya terbuka bagi lulusan sarjana saja.

Zen menjelaskan bahwa pada tahun 2024 ini terdapat 2.400 tenaga PPPK yang diangkat, dan proses pengangkatannya dilakukan secara bertahap. Pemkab Tasikmalaya, melalui Bupati H. Ade Sugianto, senantiasa mendorong adanya afirmasi dalam pengangkatan PPPK.

Zen menekankan bahwa pihaknya sangat menghargai tenaga honorer yang sudah mengabdi dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, peluang untuk diangkat menjadi PPPK semakin terbuka bagi mereka.

Zen juga menambahkan bahwa dalam pengangkatan PPPK, tidak lagi melihat jenjang pendidikan. ”Semua memiliki kesempatan yang sama, apakah itu lulusan S1, SMA, SMP bahkan lulusan SD,” ujar Zen pada Jumat, 7 Juni 2024.

Meski lulusan SD akan diusulkan melalui jalur afirmasi untuk masuk sebagai pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja, yang terpenting adalah mereka sudah mengabdi.

Zen mengungkapkan bahwa saat ini, masih ada lulusan SD yang bekerja di pekerjaan umum (PU), sekolah-sekolah, sebagai petugas kebersihan, maupun penjaga sekolah. Menurut Zen, mereka telah mengabdi selama puluhan tahun dan tidak seharusnya diwajibkan untuk kembali bersekolah demi diangkat menjadi ASN atau PPPK.

Dia juga menyampaikan bahwa Pemkab Tasikmalaya menargetkan pengangkatan kembali PPPK pada tahun 2025, dengan jumlah yang akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. (TIM)

Komentar Anda

BACA JUGA