Minggu, 21 Juli 2024 18:06 WIB

Sekolah Merupakan Agen Sosialisasi Budaya Yang Sangat Vital

Selasa, 11 Juli 2023 18:06:10

Oleh: Redaksi | 179 view

Tribuana News. Taraju - Bulan Juni merupakan masa-masa perpisahan siswa yang hendak lulus sekolah, baik di tingkat SD, SMP maupun SMA sederajat. Salah satu diantaranya SDS Delapan Djoeang Kecamatan Taraju. Dalam mengisi acara perpisahan siswa-siswinya kelas VI dan Kenaikan Kelas 1 sampai V tahun ajaran 2022-2023, pihak sekolah menyuguhkan pertunjukan seni yang diperankan siswa-siswinya. Diantara  pertunjukan yang berlangsung di Halaman Sekolah SDS Delapan Djoeang Kecamatan Taraju,  Senin, (26/6), seni tradisional seperti upacara adat, seni tari, pencak silat, drama sunda, pupuh, rampak sekar dan kesenian modern seperti dance, bernyanyi solo dan vocal grup. Kegiatan tersebut di bantu pula  vendor-vendor seperti SAKATA Production dan Crispa Production dalam hal moment effect.

Galih Witono, S.Pd, Kepala SDS Delapan Djoeang mengatakan bahwa semua siswa kelas VI telah dinyatakan lulus 100% melalui rapat kelulusan tanggal 8 Juni lalu. 

"Meskipun SDS Delapan Djoeang adalah sekolah satu-satunya  SD swasta di kecamatan Taraju, tapi kami optimis bisa bersaing dengan sekolah-sekolah negeri di bidang akademik maupun non akademik. Kami mohon doa dan dukungan dari seluruh stakeholder, agar kami bisa mempercepat terwujudnya visi misi sekolah," tutur Galih.

Galih menambahkan, isi dari acara pentas kreasi seni menurutnya merupakan penggalian kemampuan siswa-siswinya kelas I sampai VI yang memiliki talenta cukup bagus untuk ditampilkan setelah mendalami seni dari kegiatan ekstrakurikuler dan Intrakurikuler di sekolah. Dengan kreasi seni yang ditampilkan, diharapakan kedepannya bisa memotifasi siswa untuk bisa meningkatkan kemampuannya. Tema yang diambil, "SDS Delapan Djoeang Sebagai Penyangga Budaya, Penyangga Pendidikan Yang Menyenangkan dan Penyangga Karakter Nasional".

"Sekolah merupakan agen sosialisasi budaya yang sangat vital dalam proses transmisi kebudayaan kepada siswa sebagai generasi penerus.  Mudah-mudahan bisa menginspirasi, bahwa kita tidak boleh melupakan budaya dan hal-hal lain yang kita miliki di era globalisasi ini,"  imbuhnya.

Selain dihadiri orang tua siswa, giat tersebut dihadiri pula Pengawas Bina TK SD Kecamatan Taraju, Kepala Desa Deudeul, Tokoh masyarakat, RT, RW dan Kawil Babakanputat Desa Deudeul Kecamatan Taraju, Sekjen Koalisi Mahasiswa & Rakyat Tasikmalaya (KMRT),  serta tamu undangan lainnya.- (red)

Komentar Anda

BACA JUGA