Minggu, 23 Juni 2024 03:00 WIB

Sekretaris Daerah Ciamis Tutup Ekspo Pendidikan 2024, Dorong Kreativitas dan Inovasi di Dunia Pendidikan

Kamis, 06 Juni 2024 21:14:41

Oleh: Redaksi | 25 view

Tribuana News Ciamis

Sekretaris Daerah Ciamis, H. Andang Firman Triadi, secara resmi menutup Ekspo Pendidikan tahun 2024 yang telah digelar selama dua hari di halaman Dinas Pendidikan Ciamis, Kamis (06/06/2024).

Acara yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 6 Juni 2024 ini berhasil menyoroti dan mendorong kreativitas serta inovasi di dunia pendidikan.

Dalam sambutannya, Sekda Ciamis, H. Andang Firman Triadi, menekankan pentingnya mendukung dan mengapresiasi acara Ekspo Pendidikan sebagai implementasi nyata dari komitmen Dinas Pendidikan untuk menampung dan menyinergikan karya-karya inovatif dari para pendidik dan peserta didik.

“Kegiatan ini merupakan wadah untuk menyalurkan kreativitas dan inovasi dalam dunia pendidikan, serta memberikan nilai strategis karena membantu menyampaikan ide-ide baru kepada masyarakat,” ujarnya.

Salah satu langkah yang diusulkan oleh Sekda Ciamis adalah pembukuan dan pemberian hak paten untuk setiap karya kreatif yang dihasilkan dalam Ekspo Pendidikan.

Langkah ini diambil untuk melindungi karya inovatif dari klaim pihak lain serta untuk mendorong para pendidik dan peserta didik untuk terus berkarya.

“Dalam acara ini, kita juga mengusulkan agar karya-karya kreatif tersebut diikutsertakan dalam lomba, kurang lebih ada 100 inovasi akan lebih baik jika karya karya tersebut dituliskan dalam jurnal atau karya tulis dan dapat dipertandingkan dalam lomba,” tambahnya.

Sekda Ciamis juga menegaskan bahwa pendidikan di Kabupaten Ciamis harus unggul, baik dari segi prestasi maupun akhlak.

“Kita ingin pendidikan di Ciamis tidak hanya mencapai prestasi nasional, tetapi juga menjunjung tinggi akhlak yang mulia,” tegasnya.

Langkah-langkah yang diambil oleh Dinas Pendidikan Ciamis dinilai sejalan dengan visi misi Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan sumber daya manusia.

Ekspo Pendidikan Ciamis tahun 2024 diharapkan mampu memunculkan bakat dan potensi luar biasa dalam bidang sains, teknologi, dan seni dari peserta didik dan pendidik.

“Kami berharap bahwa tahun depan, kegiatan serupa dapat ditingkatkan sehingga kami dapat menciptakan lebih banyak kegiatan yang lebih berprestasi lagi,” pungkas Sekda Ciamis.

Dengan demikian, Ekspo Pendidikan Ciamis tahun 2024 bukan hanya sekadar ajang pameran, tetapi juga menjadi tonggak penting dalam membangun inovasi dan kreativitas dalam dunia pendidikan, serta sebagai upaya nyata untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Ciamis.

Sumber : Diskominfo Ciamis

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA