Minggu, 25 Februari 2024 08:58 WIB

Selain Berikan Bantuan Sembako Untuk Jompo, Hj. Nurhayati Anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PPP Gelar Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Bersama BPOM

Rabu, 15 Februari 2023 20:18:20

Oleh: Redaksi | 204 view


Tribuana News. Mangunreja - Balai Besar POM di Bandung bersama dengan Komisi IX DPR RI  telah melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) di Desa Salebu Kecamatan Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya.

Acara ini dihadiri oleh anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Nurhayati, Endang Yaya Koordinator Poksi Pemeriksaan mewakili Kepala Balai Besar POM di Bandung, Camat Mangunreja, Kapolsek, DanRamil Mangunreja, Kepala Desa Salebu, serta sebanyak 500 orang warga masyarakat 

Dalam kesempatan ini Nurhayati menyampaikan dukungannya terhadap Badan POM, juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk waspada terhadap obat palsu, kosmetik ilegal dan makanan yang mengandung bahan berbahaya.

"Kami di Komisi IX sedang berupaya mengesahkan RUU tentang kewenangan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan untuk menjadi Undang Undang agar ada kepastian hukum dalam penindakan apabila ditemukan pelanggan dalam pembuatan, dan peredaran obat dan makanan," ujarnya.

Dilanjutkan dengan materi dari Endang Yaya Koordinator Poksi Pemeriksaan dari Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Bndung mengenai Keamanan Pangan, Kosmetik dan Obat, juga mengajak masyarakat untuk selalu Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Ijin edar dan Kedaluarsa) sebagai peran serta aktif masyarakat selaku konsumen cerdas dalam mengkonsumsi obat dan juga pangan olahan yang aman.

Selain pemaparan materi  dilakukan juga sesi tanya jawab dan kuis bersama masyarakat yang dipandu oleh Cecep Paijunnajat. Beberapa pertanyaan yang disampaikan peserta diantaranya adalah mengenai bagaimana peran BPOM dan tata cara pendaftaran pangan olahan, pemakaian obat dan kosmetik yang aman. Sedangkan untuk kuis mengenai bahan berbahaya pada kosmetik dan bahan pangan.

Seperti Mella Sri Damayanti dari Desa 
Ciawang Kecamatan Leuwisari yang mengajukan pertanyaan tentang  bagaimana upaya dari BPOM untuk memberantas kosmetik ilegal yang beredar dimasyarakat.

Kegiatan KIE ini berlangsung dengan lancar, dan Hj. Nurhayati bersama BPOM berharap dengan adanya KIE ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Tasikmalaya khususnya Kecamatan Mangunreja, Kecamatan Salawu, Kecamatan Leuwisari, Kecamatan Singaparna, dan Kecamatan Sukarame. (Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA