Selasa, 07 Februari 2023 08:11 WIB

Senam Otak Sebagai Ice Breaker Dalam Pembelajaran

Jumat, 16 September 2022 10:56:55

Oleh: Redaksi | 331 view

Menjadi guru yang kreatif adalah sebuah tuntutan, karena untuk menghidupkan suasana belajar diperlukan metode atau bentuk/model yang beragam untuk membuat hati siswa senang belajar di dalam kelas atau luar kelas sehingga pembelajaran tidak monoton, menjemukan dan kurang menggugah semangat belajar siswa. Karena pengalaman belajar yang menyenangkan akan berdampak positif bagi perkembangan siswa. Begitupun sebaliknya, apabila siswa merasa tidak nyaman, merasa takut dan cemas, hasil pembelajaran pun akan kurang optimal. Salah satu solusi dari permasalahan di atas adalah dengan menggunakan Ice Breaker selama 2 - 5 Menit di awal, akhir atau di sela-sela KBM. Penggunaan Ice Breaker ketika mengajar mampu membuat kelas menjadi lebih hidup.  Jika siswa cinta guru plus cinta pelajaran maka semangat belajar, semangat belajar akan menghantarkan sukses meraih prestasi. 

Dikutip dari buku karangan Kusumo Suryoharjuno yang berjudul 100+ Ice Breaker Penyemangat Belajar, Ice Breaker adalah peralihan situasi yang membosankan, membuat ngantuk, menjenuhkan dan tegang menjadi rileks, bersemangat, tidak membuat ngantuk, serta ada perhatian dan ada rasa senang untuk mendengarkan atau melihat orang yang berbicara di depan kelas atau ruangan pertemuan.  Ice Breaker bisa dengan Games (permainan), Menyanyi, Senam, Kalimat Pembangkit Semangat, Kalimat Indah Penuh Makna, Story Telling (Bercerita), Tepuk Tangan, Senam Otak (Brain Gym), Humor atau Tebak Tebakan.

Senam Otak adalah bentuk kegiatan melatih otak. Teknik ini dinilai sangat efektif untuk membuat otak siap untuk bekerja karena diawali dengan sebuah gerakan. Jika kita melatih otak, kita akan mempengaruhi tubuh secara positif. Jika kita melatih tubuh, kita akan mempengaruhi otak secara positif. (Menurut pakar otak dunia, Tony Buzan.)

Contoh aktifitas Ice Breaker Senam Otak (Brain Gym) dalam pembelajaran

1. Ma Poa
Prosedur : 
‌ucapkan "Ma" Sambil jari-jari kanan menyentuh rambut kepala dan jari-jari kiri menyentuh perut bagian kiri.
‌kemudian ucapkan "Poa" sambil jari-jari kanan menyentuh pundak kanan dan jari-jari kiri menyentuh pundak kiri.
‌ucapkan "Ko" Sambil jari-jari kiri menyentuh rambut kepala dan jari-jari kanan menyentuh perut bagian kanan
‌terakhir ucapkan "Ye" sambil meluruskan tangan kiri secara miring ke atas dan tangan kanan secara miring ke bawah
‌lakukan kebalikannya seperti awal
‌jika sudah lancar, lakukan berulang-ulang semakin lama semakin cepat.

2. Cucuk
Prosedur :
‌Tangan kanan menggenggam, sementara telapak tangan kiri ditekuk dan semua ujung jarinya menyentuh pergelangan tangan kanan
‌Kemudian gerakkan tangan dengan seketika atau bersamaan dengan mengubah posisi kedua tangan, yang tadinya tangan kanan menggenggam menjadi berubah seperti posisi tangan kiri dan sebaliknya tangan kiri yang terbuka semua jarinya berubah menjadi seperti posisi tangan kanan
‌lakukan secara bergantian sampai beberapa kali
‌jika sudah lancar, maka gerakannya semakin lama bisa semakin cepat
‌Gerakan ini memerlukan otak kanan dan otak kiri, sehingga akan menyeimbangkan fungsi keduanya. (Galih W)

Komentar Anda

BACA JUGA