Minggu, 23 Juni 2024 02:12 WIB

Sosialisasi Intensifikasi & Intervensi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi

Selasa, 04 Juni 2024 18:26:05

Oleh: Redaksi | 20 view

Tribuana News Banjar

Sekretaris Daerah Kota Banjar, Dr. H. Soni Harison, A.P., S.Sos., M.Si., menghadiri kegiatan Sosialisasi Intensifikasi & Intervensi Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, bertempat di Pendopo Langensari. Selasa (04/06/2024).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Komandan Kodim 0613 Ciamis, Letkol. Inf. Afiid Cahyono S.Sos., SH. M.Han., serta para Kepala Perangkat Daerah.

Sekretaris Darah Kota Banjar dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 menyatakan bahwa BKKBN merupakan lembaga yang diberikan mandat untuk melaksanakan Program Pengendalian Penduduk dan Pembangunan Keluarga melalui pengendalian kuantitas dan peningkatan kualitas penduduk, salahsatunya dengan penyelenggaraan kebijakan dan Program Keluarga Berencana. “Pada RPJMN Tahun 2020-2024 terdapat tujuh agenda program priorolitas nasional dengan salahsatu agendanya yaitu peningkatan kualitas SDM Indonesia yang mampu berdaya saing melalui penyelenggaraan Program KB dan Kesehatan Reproduksi yang diharapkan  dapat berperan dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI),” jelas Sekretaris Daerah.

Lebih lanjut Sekretaris Daerah Kota Banjar menjelaskan, bahwa pada Tahun 2022 di Kota Banjar, AKI berjumlah 9 (sembilan) kasus dan pada Tahun 2023 mengalami penurunan dengan 5 (lima) kasus. “Adapun keberhasilan Bangga Kencana di Kota Banjar tahun 2024 diantaranya kesertaan ber-KB atau CU/PUS 73.68%, usia Kawin Pertama Wanita Kota Banjar mencapai 22 tahun, Unmeet need 6.98%. Penyelenggaraan kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi wadah peningkatan kompetensi atau sharing knowledge bagi para provider dalam meningkatakan kompetensi pelayanan KB MKJP,” pungkas Sekretaris Daerah Kota Banjar.

Sumber : Diskominfo Kota Banjar

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA
Selasa, 18 Juni 2024