Minggu, 23 Juni 2024 01:34 WIB

Sosialisasi Juru Sembelih Halal (Juleha)

Selasa, 04 Juni 2024 18:26:35

Oleh: Redaksi | 23 view

Tribuana News Banjar

Sekretaris Daerah Kota Banjar, Dr. H. Soni Harison, A.P., S.Sos., M.Si., membuka kegiatan Sosialisasi Juru Sembelih Halal (Juleha) pada Pemotongan Hewan Qurban, bertempat di Aula Kecamatan Purwaharja. Selasa (04/06/2024).

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjar tersebut, diikuti oleh 30 Juru Sembelih Halal Kecamatan dan Desa/Kelurahan se-Kota Banjar, dengan menghadirkan narasumber Kepala UPTD Balai Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Provinsi Jawa Barat, serta Praktisi Juru Sembelih Halal Provinsi Jawa Barat.

Sekretaris Daerah mengapresiasi atas terlaksananya Sosialisasi Juru Sembelih Halal (Juleha) pada Pemotongan Hewan Qurban Tingkat Kota Banjar Tahun 2024. Dijelaskannya dengan kegiatan tersebut, diharapkan adanya peningkatan kompetensi serta keahlian para juru sembelih halal dalam proses pemotongan hewan qurban. “Yang paling penting dengan sosialisasi ini, akan ada ketenangan bagi penerima daging qurban, bahwa proses pemotongan hewan telah sesuai dengan aturan dan syariat Islam,” ujar Sekretaris Daerah.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah juga menyinggung tentang kondisi kesiapan hewan qurban di Kota Banjar. Menurutnya, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Banjar secara periodik telah melakukan pemeriksaan hewan qurban untuk mengantisipasi kejadian tahun kemarin adanya penularan penyakit mulut dan kuku. “Tahun kemarin hewan qurban yang disembelih di Kota Banjar hampir mencapai 2.000 ekor. Untuk itu, keberadaan juru sembelih halal sangat penting untuk memastikan ibadah hewan qurban dapat terlaksana dengan baik. Saya juga berharap, ke depan akan ada data base dari Distan Kota Banjar, sehingga dapat menyusun rencana kerja selanjutnya seperti persiapan Kaderisasi Juru Sembelih Hewan Qurban di Kota Banjar,” pungkas Sekretaris Daerah.

Sumber : Diskominfo Kota Banjar

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA
Selasa, 18 Juni 2024