Rabu, 21 Februari 2024 18:50 WIB

Suksesnya Sidang PKL 2023 SMK Negeri 4 Banjar: Peningkatan Kompetensi softskill dan hardskill Siswa dalam Menghadapi Dunia Kerja

Jumat, 15 Desember 2023 12:51:08

Oleh: Redaksi | 107 view

Tribuana News. Banjar -- Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 4) Banjar
12 Desember 2023 mengggelar kegiatan Sidang PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang diikuti oleh 247 Peserta didik kelas XII, untuk Kompetensi Keahlian Tekhnik Otomotif Sepeda Motor, Teknik Komputer dan Jaringan, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, dan Tata Boga yang telah menyelesaikan Kegiatan PKL.

Kegiatan Sidang PKL tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala SMK Negeri 4 Banjar Dr. Oo Kosidin, S.Pd. MM, Selasa (12/12/2023) bertempat di Aula SMK Negeri 4 Banjar, Jawa Barat. 

PKL atau Praktik Kerja Lapangan adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan cara menempatkan siswa pada sebuah perusahaan, industri, atau instansi. Kegiatan ini juga sering disebut sebagai kegiatan magang dan hanya dapat ditemukan pada jenjang pendidikan menengah kejuruan atau SMK. 

Dengan mengikuti kegiatan PKL, siswa kejuruan akan mendapatkan pengalaman langsung bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya sekaligus memperkuat penguasaan kompetensi teknis siswa sesuai dengan Kompetensi Keahliannya. 

Tindak lanjut dari kegiatan PKL adalah adanya Sidang Pertanggungjawaban.
Sidang PKL (Praktik Kerja Lapangan) SMK adalah acara akhir yang wajib dihadiri oleh siswa SMK yang telah menyelesaikan program PKL mereka. 

Acara ini diadakan untuk mengevaluasi dan mempresentasikan hasil kerja siswa selama program PKL, serta memberikan pengalaman berharga dalam berbicara di depan umum dan mempresentasikan laporan secara profesional.

Tujuan dari sidang PKL SMK adalah untuk mengevaluasi hasil kerja siswa selama program PKL, menilai kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan yang telah mereka pelajari di sekolah dalam lingkungan kerja yang sebenarnya, serta memberikan pengalaman berharga dalam mempresentasikan laporan secara profesional, berbicara di depan umum atau public speaking.

Dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 4 Banjar Oo Kosidin, haturkan ucapan selamat datang kembali kepada para peserta didik kelas XII yang sudah selama enam bulan meninggalkan sekolah guna mengikuti PKL dan mengais ilmu di dunia kerja.

"Semata tak sampai disana saja, ia juga sampaikan kegiatan PKL yang sudah dilalui harus memberikan kesan dan pesan yg baik, menambah wawasan, mengasah kemampuan dan pastinya meningkatkan kualitas peserta didik dalam berbagai aspek," pungkasnya.- (Herman)

Komentar Anda

BACA JUGA