Selasa, 23 April 2024 02:16 WIB

Tagih Janji Mas Menteri, FHGTK Kabupaten Tasikmalaya Lakukan Aksi Damai Ke KEMDIKBUDRISTEK RI

Kamis, 20 Juli 2023 15:42:02

Oleh: Redaksi | 614 view

Tribuana News. Jakarta - Forum Honorer Guru Tenaga dan Kependidikan (FHGTK) Kabupaten Tasikmalaya menggelar Aksi Damai bersama Guru Lolos Passing Grade Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (GLPGPPPK) Nasional di Kompleks Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung A Lt.2, Senayan, Jakarta Pusat. Pada Rabu, (12/07/2023) untuk menagih janji kepada Mas Menteri untuk memenuhi formasi Pemda (Provinsi/Kabupaten/Kota) tidak memenuhi atau tidak membuka formasi. 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 19 orang dari unsur FHGTK Kabupaten Tasikmalaya bersama dengan perwakilan dari 6 kabupaten kota di Indonesia. Aksi ini bertujuan untuk menuntut penyelesaian rekruitmen PPPK tahun 2023. 

Rahmat Hidayat, S.Pd selaku Ketua Harian FHGTK Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan bahwa kegiatan Aksi Damai tersebut merupakan sebuah upaya yang bertujuan untuk menghadirkan informasi langsung dari pusat, yaitu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI), mengenai formasi di tahun 2023. Mengingat bahwa pada semester 1 tahun 2023, penjadwalan rekrutmen PPPK belum terlihat, Forum FHGTK merasa tidak bisa tinggal diam dalam menghadapi situasi tersebut.

"Dalam semangat kebersamaan sebagai pejuang ASN PPPK, kami juga mengundang perwakilan dari P1 swasta untuk dapat memperoleh informasi yang diperoleh melalui aksi tersebut, sehingga dapat disampaikan kepada rekan-rekan P1 swasta," kata Rahmat.

Selanjutnya, Melalui kegiatan tersebut mereka berharap FHGTK dapat tetap menjadi pelopor dalam upaya mencapai kesuksesan status ASN non-Kabupaten Tasikmalaya dan berkomitmen untuk terus bergerak maju dan tidak berhenti sampai status ASN tercapai. 

Berikut adalah hasil dari kegiatan aksi tersebut:
1. Usulan E-Formasi ditutup pada tanggal 10 Juli 2023 dan saat ini sedang dilakukan validasi data oleh pihak terkait.
2. Total formasi yang disediakan untuk P1 adalah sebanyak 50.000 dari total keseluruhan 62.000 formasi.
3.Total formasi yang diusulkan di seluruh Indonesia sebanyak 297.000.
4. Untuk mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU), sedang menunggu pedoman teknis (juknis) dan upaya sedang dilakukan untuk memperolehnya.
5. Mata Pelajaran Bahasa Inggris sedang menunggu Peraturan Menteri (Permen) supaya dapat linier disekolah dasar.
6. Skema rekrutmen PPPK di tahun 2024 akan sama dengan tahun 2023, dan saat ini juknisnya sedang disusun.
7. Terkait usulan dari Pemerintah Daerah, terdapat dua jenis pertimbangan yang meliputi:
a. Surat usulan dari Pemerintah Daerah.
b. Input E-formasi yang keputusannya akan ditentukan ditingkat pusat.
8. Pada tanggal 12 Juli 2023, Kemendikbudristek sedang berkoordinasi dengan Kemenkeu mengenai penambahan formasi dari pihak Kemendikbudristek.
9. Kemendikbud ristek terus berjuang untuk menjaga status P1 tetap melekat meskipun mata pelajarannya berbeda.
10. Rekrutmen PPPK untuk P1 dari sekolah swasta akan diselesaikan setelah proses rekrut menuntuk sekolah negeri selesai.
(Galih W)

Komentar Anda

BACA JUGA