Rabu, 21 Februari 2024 18:38 WIB

Tingkatkan Kinerja KPPS, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Singaparna Gelar Bimtek

Minggu, 28 Januari 2024 11:34:24

Oleh: Redaksi | 148 view

Tribuana News. Singaparna - 

Sebanyak 252 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari 2 Desa (PPS Singaparna dan PPS Sukaasih) Kecamatan Singaparna mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) bertempat di GOR Desa Singaparna pada Minggu (28/01/2024). 
Anggota KPPS menerima pelatihan-pelatihan yang bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi peserta yang di mana materi yang diberikan sesuai dengan tema bimtek tersebut dari Anggota PPK Singaparna yang pada kesempatan tersebut hadir 3 orang, yaitu: PPK: Yudin, Tia, dan  Pendi.

Pada kesempatan tersebut anggota PPK Singaparna Thia Anandita menyampaikan bahwa tujuan bimbingan teknis atau bimtek adalah sebagai penyampaian informasi dan pengetahuan substansi dan teknis kepemiluan, melatih dan mendalami keterampilan teknis kepemiluan. Sehingga terbentuk kemampuan dan penguasaan secara keseluruhan manajemen Pemilu.

"Pelaksanaan Bimtek atau bimbingan teknis sangat berpengaruh terhadap kinerja penyelenggara Pemilu apabila dilakukan dengan terencana dan seksama. Serta direncanakan dengan baik menyangkut fasilitator/tutor, metodologi, kurikulum, dan desain bimtek itu sendiri," ujarnya.

Sementara itu Yudit Ketua PPS Singaparna saat diwawancara Tribuana News mengatakan tujuan Bimtek KPPS Pemilu 2024 adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Selain itu juga, kalau tujuh orang ini dilatih, maka juga ada kesempatan bagi tujuh orang ini saling mengingatkan pemahaman dan kemampuan teknis dalam penyelenggaraan pemungutan, penghitungan suara di TPS,” kata Yudit selepas acara pelantikan.

Bimtek wajib diselenggarakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) daerah setempat.

Adapun materi bimtek KPPS Pemilu 2024 adalah tentang tata cara pencoblosan, penghitungan suara, penyelesaian sengketa pemilu, dan lainnya.- (Ayi Ahmad H)

Komentar Anda

BACA JUGA