Minggu, 23 Juni 2024 02:01 WIB

Training ESQ For Kids & Teens Tingkat SD, SMP, SMA, Dan SLB Se-Kota Banjar

Sabtu, 25 Mei 2024 23:06:22

Oleh: Redaksi | 58 view

Tribuana News Banjar

Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., membuka Training ESQ For Kids & Teens Tingkat SD, SMP, SMA dan SLB Se-Kota Banjar Bertempat di Aula Somahna Bagja Dibuana Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar. Sabtu (25/05/2024).

Kegiatan ESQ diikuti oleh 750 siswa se-Kota Banjar. Kegiatan yang digelar selama 2 (dua) hari ini terlaksana atas sinergi dan kerja sama Baznas Kota Banjar dengan Pemerintah Kota Banjar dalam upaya mempersiapkan generasi muda Kota Banjar meyongsong Indonesia Emas pada Tahun 2045.

Dalam arahannya, Penjabat Wali Kota Banjar menjelaskan bahwa Emotional Spiritual Quotient atau ESQ digelar dalam rangka membentuk karakter melalui penggabungan 3 potensi manusia yaitu kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. “ESQ yang terdiri dari konsep Kecerdasan Intelektual (IQ), Emosional (EQ) dan Spiritual (SQ). Kecerdasan Intelektual (IQ) adalah kecerdasan yang menitikberatkan pada kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah pada potensi akal (rasio). Kecerdasan Emosional (EQ) merupakan kemampuan untuk mengenali emosi diri sendiri, mengatur atau mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenal emosi orang lain (empati), dan membina hubungan dengan orang lain. Sedangkan Kecerdasan Spritual (SQ) adalah kemampuan seseorang dalam mengelola dan memaknai nilai-nilai spritual dalam kehidupannya,” jelas Penjabat Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota juga mengingatkan kepada seluruh generasi muda agar dapat menggunakan gadget dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, penggunaan gadget bagi anak-anak tetap harus ada pengawasan dan pembatasan oleh orang tua. “Saya beraharap adik-adik semua dapat bijak dalam menggunakan gadget. Gunakanlah gadget sebagai sebuah sarana untuk menimba ilmu, jangan sampai gadget digunakan untuk menonton video yang tidak baik. Selain gadget, saya juga berpesan kepada seluruh adik-adik semua agar bijak dalam menggunakan media sosial, jangan sampai media sosial digunakan sebagai tempat curhat,” pesan Penjabat Wali Kota.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kota Banjar, Asisten Daerah 1 Sekretariat Daerah Kota Banjar, Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjar, perwakilan Kajari Kota Banjar, serta Ketua Baznas Kota Banjar

Sumber : Diskominfo Kota Banjar

Diunggah : d.y.w

Komentar Anda

BACA JUGA
Selasa, 18 Juni 2024