Selasa, 07 Februari 2023 09:04 WIB

Universitas Perjuangan Tasikmalaya Mewisuda 773 Mahasiswa

Jumat, 21 Oktober 2022 20:20:47

Oleh: Redaksi | 100 view

Tribuana News. Tasikamalaya - Kreasi Seni Budaya Sunda mewarnai prosesi penyambutan 773 orang wisudawan Universitas Perjuangan Tasikmalaya yang berlangsung di Halaman Kampus, Senin (17/10/22).

Prosesi penyambutan melalui kreasi seni ini cukup sukses menarik perhatian ribuan tamu dan keluarga wisudawan. 

Selain itu para wisudawan disambut dengan menggunakan tunggangan kuda, mereka juga menampilkan aksi pencak silat yang menegangkan, pentas adu domba yang diiringi irama angklung sered dan kreasi lain. 

Dalam arak-arakan ratusan mahasiswa dengan bersemangat  menyanyikan lagu mars kebanggan fakultas pertanian sambil meneriakkan yel-yel yang membangkitkan semangat kebersamaan.

Ketua BEM Fakultas Pertanian di sela acara seperti yang dilansir TIMES Indonesia mengungkapkan penyambutan kreasi seni untuk wisudawan merupakan satu tradisi fakultasnya, sebagai bentuk rasa syukur dan hormat kepada para senior yang telah membimbingnya.

"Kreasi ini merupakan wujud rasa syukur dan bentuk khidmat dari junior ke kakak angkatan yang telah menyelesaikan kuliahnya. Penyambutan dengan konsep ini pun jadi tradisi lama yang coba kami pelihara setelah hampir dua tahun lebih tidak diperbolehkan," ujarnya


Hadir pada acara wisuda  Universitas Perjuangan Tasikmalaya, diantaranya Dewan Pembina Yayasan  Universitas Siliwangi Letjen TNI (Purn) H. Endang Suwarya, Rektor Universitas Siliwangi Dr.H.Nundang Busaeri, Anggota DPR RI Ferdiansyah dan puluhan undangan lainnya.

Rektor Universitas Perjuangan Tasikmalaya Prof.Dr.H.Yus Darusman mengatakan, kegiatan
dan kreasi itu merefresentasikan komitmen Unper yang bertekad melestarikan seni budaya sunda dan mengedepankan kearifan lokal.

"Malah kemampuan akan seni budaya Sunda menjadi bekal kompetensi tambahan yang harus dimiliki diluar kompetensi wajib mulai kemampuan bahasa Inggris dengan Toefl minimal 375 dan pendidikan bela negara (PBN),"ungkapnya.

Sementara itu Ketua Pembina Yayasan Universitas Siliwangi Letjen.TNI (Purn) H. Endang Suwarya dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan turut berbahagia kepada para Wisudawan dan Wisudawati Program Studi S1 dan menyampaikan pesan untuk bekal menjalani kehidupan setelah menjadi sarjana.

"Pertama, Jalanilah kehidupan dengan "Bismirobbika". 
Kedua, berkontribusi besar bagi Indonesia Raya, dalam menyongsong Visi Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, Adil dan Makmur, yang dituangkan dalam 4 pilar : 
- Pembangunan manusia serta penguasaan IPTEK
- Pembangunan Ekonomi yang berkelanjutan 
- Pemerataan pembangunan
- Pemantapan Tannas & Tata kelola Kepemerintahan.- (*)

Komentar Anda

BACA JUGA