Kamis, 13 Juni 2024 05:06 WIB

Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tingkat Kota Banjar

Minggu, 24 Desember 2023 19:24:33

Oleh: Redaksi | 131 view

Tribuana News. Banjar -- Upacara Peringatan Hari Ibu Ke-95 Tingkat Kota Banjar Tahun 2023 digelar di Halaman Kantor Sekretariat Daerah Kota Banjar, Jalan Siliwangi KM 3 Kota Banjar. Jumat (22/12/2023).

Upacara dirangkaikan dengan Peringatan Hari Bela Negara Ke-75 serta Hari Kesetiakawanan Sosial Tingkat Kota Banjar Tahun 2023. Bertindak selaku Inspektur Upacara Pj. Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., dengan Komandan Upacara, Danramil 1316/Pamarican, Kapten. Inf. Haris Diana, S.E. Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Banjar, Hj. Ika Kartikawati, S.IP., M.Si., Teks Ikrar Bela Negara dibacakan oleh Camat Purwaharja Kota Banjar, Rina Purnamasari, S.STP., M.Si. Pengibaran Bendera dilaksanakan oleh Naila Aulia (SMKN 1 Banjar), Alya Juwita Widia (SMAN 3 Banjar) dan Indry Anggraeny (SMKN 1 Banjar), serta Pembacaan Teks Sejarah Singkat Hari Ibu dilaksanakan oleh Hj. Yeti Heryati (Ketua GOW Banjar).

Pada kesempatan tersebut juga, dilakukan penyerahan penghargaan kepada Ibu Dr. Hj. Ade Uu Sukaesih, M.Si., sebagai The Most Inspiring Mother Of The Year. Penyerahan penghargaan dilakukan oleh Pj. Wali Kota Banjar dengan didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Banjar bersama Forkopimda Kota Banjar. Selain Penghargaan, Pj.Wali Kota juga menyerahkan bantuan kursi roda serta alat bantu jalan dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Tahun 2023.

Dalam amanatnya, Pj. Wali Kota Banjar mengatakan bahwa setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Peringatan Hari Ibu bagi bangsa Indonesia bukanlah Mother’s Day, karena peringatan Hari Ibu didasari oleh momentum terselenggaranya Kongres Perempuan Pertama pada tanggal 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Peringatan Hari Ibu menjadi sebuah titik penting pergerakan perempuan yang menandai babak baru bangkitnya gerakan perempuan Indonesia untuk berorganisasi secara demokratis tanpa membedakan agama, etnis, dan kelas sosial. 

“Peringatan Hari Ibu di Indonesia esensinya bukan hanya untuk mengapresiasi jasa besar ibu, yang tentunya juga sungguh istimewa, namun lebih dari itu, peringatan hari ini untuk mengapresiasi seluruh perempuan Indonesia atas peran, dedikasi, serta kontribusinya bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara,” ujar Pj. Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota juga mengatakan bahwa pada kesempatan ini memperingati Hari Bela Negara Ke-75 dan Hari Kesetiakawanan Sosial Tahun 2023. Pj. Wali Kota mengajak untuk bahu membahu untuk mewujudkan Kota Banjar yang lebih baik, adil dan sejahtera bagi seluruh masyarakat. 

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya juga menghaturkan terima kasih kepada pilar-pilar sosial yang telah mewujudkan solidaritas, dan membangkitkan rasa kemanusiaan. Pentingnya kesetiakawanan sosial dari berbagai pihak, merupakan wujud semangat kepedulian kita terhadap sesama makhluk hidup ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Serta dengan kesetiakawanan sosial, saya yakin Kota Banjar akan lebih maju dan berdaya saing,” pungkasnya. (Herman/Diskominfo)

Komentar Anda

BACA JUGA