Rabu, 21 Februari 2024 17:28 WIB

UPACARA PERINGATAN HARI IBU KE-95 TINGKAT KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2023

Sabtu, 23 Desember 2023 09:19:22

Oleh: Redaksi | 312 view

Tasikmalaya -  Upacara Peringatan Hari Ibu ke-95 Tingkat Kota Tasikmalaya tahun 2023. Di Lapangan Upacara Balekota Tasikmalaya, Jum'at (212/2023).

Pada kesempatan ini Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, SSTP M.E berperan selaku Pembina upacara. Turut hadir Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Forkopimda Kota Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tasikmalaya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tasikmalaya, serta tamu undangan lainnya.

Pembina upacara membacakan secara utuh amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ibu (PHI) dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri setiap tanggal 22 Desember. PHI bagi bangsa Indonesia bukanlah “mother’s day”. Ini karena PHI didasari oleh momentum diselenggarakannya Kongres Perempuan Pertama pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta. Momentum bersejarah ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Ibu oleh Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-Hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

"Diperingatinya Hari Ibu setiap tahunnya diharapkan dapat mendorong semua pemangku kepentingan dan masyarakat luas, agar memberikan perhatian dan pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan.  PHI ke- 95 Tahun 2023 masih mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, dengan sub tema yang disesuaikan pada tahun berjalan dan saling terkait untuk membingkai semangat dan pergerakan perempuan," ujarnya.

Pada upacara ini juga disampaikan beasiswa dengan jumlah calon penerima beasiswa dari 94 Orang, terdapat 84 orang yang lolos seleksi dan ditetapkan melalui Keputusan Wali Kota Tasikmalaya. Namun terdapat 3 orang yang mengundurkan diri karena mendapatkan bantuan lain selain beasiswa pemkot. Jumlah akhir penerima beasiswa yaitu 81 orang. Juga disampaikan bahwa telah bertambah 7 Hotel dan Restoran yang ikut berpartisipasi dalam  Program “BAKUL TASIK”. Program Bakul Tasik ini sendiri adalah bagi-bagi Kumpulan kelebihan makanan, program bakul tasik ini merupakan bentuk Kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Tasikmalaya sebagai bentuk kepedulian kepada Masyarakat miskin. (kedepannya tidak menutup kemungkinan tidak hanya hotel dan restoran saja yang dapat berpartisipasi dalam program ini).

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-95, Pasundan Istri Kota Tasikmalaya menyelenggarakan berbagai lomba dengan Kategori Kebaya Sunda Sinjang Batik Tasikan, Lomba Makanan Etnik Khas Masyarakat Sunda, Biantara Sunda tingkat TK/RA se-Kota Tasikmalaya serta Lomba Pupuh tingkat SD se-Kota Tasikmalaya.- (red/Kominfo)

Komentar Anda

BACA JUGA