Minggu, 23 Juni 2024 02:38 WIB

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Banjar Tahun 2024

Sabtu, 01 Juni 2024 22:41:41

Oleh: Redaksi | 39 view

Tribuana News Banjar

Penjabat Wali Kota Banjar, Dr. Hj. Ida Wahida Hidayati, S.E., S.H., M.Si., menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Banjar Tahun 2024, yang digelar di Taman Kota Lapang Bhakti Kota Banjar. Sabtu (01/06/2024).

Bertindak selaku Perwira Upacara, Kapten Inf. Haris Diana, S.E., (Danramil 1316/Pamarican), Komandan Upacara Kapten Inf. Agus Kristiatmojo (Danramil 1314/Cimaragas). Teks Pancasila dibacakan oleh Drs. Dadang R Kalyubi, M.Si. ( Ketua DPRD Kota Banjar), serta Teks Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh AKBP. Danny Yulianto, S.H., S.I.K., M.H., (Kapolres Kota Banjar) dengan Petugas Pengibar Bendera dilaksanakan oleh anggota Paskibraka Kota Banjar.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kota Banjar juga, dihadiri oleh seluruh Jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Banjar, para Pejabat Lingkup Pemerintah Kota Banjar, para Ketua DWP, perwakilan Organisasi Masyarakat, tokoh masyarakat, dan diikuti oleh TNI/Polri, ASN, serta Pelajar se-Kota Banjar.

Dalam amanatnya, Pj. Wali Kota Banjar membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024. Dikatakannya, peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada Tahun 1945 di depan Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK). “Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ujarnya.

Pada momentum yang sangat bersejarah ini, Pj. Wali Kota mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” pungkas Pj. Wali Kota.

Pada kesempatan tersebut, Pj. Wali Kota juga menyerahkan berbagai penghargaan kepada para juara yang berprestasi di Tingkat Kota Banjar, Regional, dan Tingkat Nasional, serta penghargaan kepada Finalis Mojang Jajaka Tingkat Kota Banjar Tahun 2024.

Sumber : Diskominfo Kota Banjar

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA
Selasa, 18 Juni 2024