Selasa, 07 Februari 2023 09:11 WIB

Virtual Music Event, Alternatif Para Musisi Sebagai Ruang Ekspresi di masa Pandemi

Selasa, 09 Maret 2021 09:54:10

Oleh: Redaksi | 610 view

Virtual Music Event saat ini menjadi hal yang dibutuhkan agar para musisi dapat berekspresi dan meng-ekspose karya - karyanya. Begitu pun Event Organizer dapat tetap menyelenggarakan event seperti biasanya tanpa gangguan karena pandemi ini. Hanya memang dalam pelaksanaannya virtual event membutuhkan effort yang tidak sedikit dan bahkan lebih besar apabila dari sisi penyelenggaraan. Satu hal yang menjadi keunggulan dalam virtual event yaitu dapat mengurangi potensi adanya kerumunan orang di satu ruangan. Hal ini menjadi sangat fundamental di era new normal seperti sekarang. Juga, karena dilakukan secara online, maka virtual event dapat disaksikan di beberapa platform media sosial secara live, seperti YouTube, Instagram, Zoom atau website yang sudah terintegrasi dengan sistem dalam waktu bersamaan membuat acara kita menjadi lebih mudah diakses. 

EJ Rumah Musik salah satunya. Selain Bergelut di Bisnis Rental Studio, EJ Rumah Musik juga telah menyelenggarakan berbagai event Festival Band di Tasikmalaya Sejak 2008 silam. Dan yang paling terbaru adalah digelarnya "DCDC Shout Out Studio Show EJ Rumah Musik" secara Virtual Minggu, 7 Maret 2021 di basecampnya yang berlokasi di Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kab. Tasikmalaya. 

Event tersebut telah digelar ke empat kalinya dan disajikan secara live streaming di channel YouTube dan Instagram EJ Rumah Musik. Dengan pengisi acara band lokal dari berbagai genre diantaranya Jizen n Friends, Neopart, Severed Sanity, The Brothles, New Band, Revolution, dan 4 Dimension. 

Evi Jayanti sebagai owner Ej Rumah Musik mengatakan kepada Tribuana, bahwa dibentuknya EJ adalah sebagai sarana berkarya untuk generasi muda pecinta musik dengan tanpa membatasi jenis aliran musik yang ikut bergabung dalam event atau hanya sekedar latihan/jamming di studionya. 

Beliau juga menambahkan bahwa acara tersebut merupakan ajang pencarian bakat yg diselenggarakan oleh DCDC dan EJ Rumah Musik. "Semoga dengan diadakannya event oleh DCDC dj EJ Rumah Musik khususnya, bisa menjadi jembatan buat band-band yang mempunyai karya sendiri, " tambahnya. (Galih Witono)

Komentar Anda

BACA JUGA