Minggu, 23 Juni 2024 02:35 WIB

Wakil Presiden Canangkan Gerakan Literasi Desa, Ciamis Terima Bantuan 1 Unit Motor dan Mobil Perpustakaan Keliling

Minggu, 19 Mei 2024 06:55:19

Oleh: Redaksi | 36 view

Tribuana News Ciamis

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, secara resmi mencanangkan gerakan literasi desa dalam peringatan HUT Perpusnas RI ke-44 dan Hari Buku Nasional bertempat di Perpustakaan Nasional RI, Jum’at (17/05/2024).

Pencanangan Gerakan Literasi Desa, merupakan gerakan bersama antara Perpustakaan Nasional, Kemendikbud Ristek, Kemendes dan PDT, dan Kemendagri dengan koordinator Menko PMK.

Momentum ini menjadi tonggak penting dalam memperkuat kesadaran literasi di Indonesia.

Kabupaten Ciamis menjadi salah satu dari 10 kabupaten/kota yang mendapat bantuan sepeda motor, dan satu dari 20 yang menerima mobil perpustakaan keliling di seluruh Indonesia.

Selain bantuan kendaraan, ada juga program penyaluran 10 jt buku untuk 10.000 desa dan TBM (Taman Bacaan Masyarakat) se-Indonesia, masing-masing lokus mendapat 1000 buku, untuk Ciamis sendiri terdapat 38 lokus bantuan buku.

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, secara langsung menerima bantuan tersebut dari Perpustakaan Nasional RI di Jakarta. Ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam memperkuat literasi di tingkat desa.

Wakil Presiden Maruf Amin menekankan pentingnya perpustakaan sebagai sumber inspirasi dan pusat aktivitas literasi masyarakat.

“Di tengah kondisi rendahnya tingkat literasi di Indonesia, terutama dalam literasi dan numerasi siswa, gerakan ini menjadi dorongan untuk mengejar ketertinggalan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden juga mengajak semua pemangku kepentingan untuk terus berupaya meningkatkan literasi dan memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk menyebarkan informasi dan layanan berkualitas kepada masyarakat desa.

Menurutnya, Gerakan literasi desa tidak hanya tentang membaca, tetapi juga tentang menghargai budaya dan tradisi lokal serta memperluas cakupan program pembangunan dan peningkatan kualitas perpustakaan di daerah.

“Harapan kami gerakan ini dapat meningkatkan minat baca masyarakat desa, memperkuat kualitas SDM, dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi pembangunan manusia di Indonesia,” pungkasnya.

Sumber : Diskominfo Ciamis

Diunggah : d.y.w.

Komentar Anda

BACA JUGA