Kamis, 13 Juni 2024 04:47 WIB

Wakil Wali Kota Banjar Bersama Kapolres Pantau Penyaluran Bantuan Air Bersih Kepada Warga Terdampak Musim Kemarau

Kamis, 05 Oktober 2023 12:35:20

Oleh: Redaksi | 126 view

Tribuana News. Banjar - Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana, S. Pd., M. H., bersama Kapolres Banjar, AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H.,S.I.K.,M.M., mendampingi Petugas BPBD Kota Banjar menyalurkan bantuan air bersih untuk masyarakat yang terdampak musim kemarau di Kota Banjar,  Rabu (04/10/2023). 

Empat unit truk tangki bantuan air bersih disalurkan ke empat titik Wilayah yang kekurangan pasokan air bersih. Bantuan air bersih tersebut merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Kota Banjar, Polres Banjar, serta BBWS Citanduy. Penyaluran air bersih dilakukan secara gotong royong oleh Jajaran Polres Banjar, masyarakat serta Petugas BPBD Kota Banjar ke beberapa titik, diantaranya, RT 10 RW 03 Lingkungan Bojong Kelurahan Situbatu, RT 08 RW 02 Dusun Babakan Desa Cibeureum, RT 19 RW 06 Lingkungan Awi Luar Kelurahan Situ Batu serta Dusun Priagung Kecamatan Pataruman. Petugas BPBD bahu membahu bersama Jajaran Polres Banjar, Bahabinmas dibantu masyarakat, mengisi penanmpungan air milik warga dikeempat lokasi.

Ditemui disela-sela kegiatan, Wakil Wali Kota mengatakan bahwa hari ini ada empat tangki dengan kapasitas masing-masing 5.000 liter menyalurkan air bersih ke empat titik. Penyaluran air bersih ini tidak dilakukan hari ini saja, namun menjadi agenda rutin dari BPBD Kota Banjar di masa kekeringan seperti saat ini.

"Daerah rawan kekeringan di Kota Banjar memang sudah mulai berkurang,tetapi ada beberapa wilayah yang masih kekurangan air bersih. Meskipun demikian Kota Banjar belum masul kategori kritis. Kesulitan air bersih terjadi di wilayah yang berada pada ketinggian diatas 75 mdpl," ujarnya.

Pada momen tersebut, Wakil Wali Kota juga mengucapkan terima kasih atas sinergi yang terjalin antara Pemerintah Kota Banjar, TNI Polri bersama seluruh stake holder yang terus bekerjasama membantu masyarakat yang kekurangan pasokan Air Bersih.

" Air bersih merupakan salahsatu hak dasar bagi masyarakat yang harus dipenuhi oleh Pemerintah. Untuk itu saya berharap sinergi ini akan terus terjalin, saling mengingatkan dan saling membantu masyarakat yang kesulitan air bersih serta yang paling penting terus berkoordinasi untuk membantu wilayah yang kekurangan pasokan Air Bersih," imbuhnya. 

Kepala Desa Cibeureum Yayan Sukirlan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kota Banjar, Polres Banjar dan BBWS Citanduy. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada bapak wakil wali kota, bapak Kapolres beserta jajaran, BPBD dan BBWS Citanduy yang sudah memberikan bantuan air bersih kepada warga Desa Cibeureum yang terdampak kekeringan," ucapnya. 

Dikatakan Yayan, warga yang kekurangan air dampak kekeringan akibat kemarau panjang hanya 1 Dusun yaitu Dusun Babakan. (Herman)

Komentar Anda

BACA JUGA