Kamis, 12 Desember 2024 02:35 WIB

Apakah Relevan Mahasiswa Jurusan PGPAUD Mengikuti Program Merdeka Belajar- Kampus Mengajar?

Kamis, 31 Oktober 2024 13:53:52

Oleh: Redaksi | 123 view

Apakah Relevan Mahasiswa Jurusan PGPAUD Mengikuti Program Merdeka Belajar- Kampus Mengajar?


Nama penulis: Rossa Aulia Fitri
Mahasiswa UPI Kampus Tasikmalaya

Program Merdeka Belajar -Kampus Mengajar merupakan program yang dikeluarkan oleh pemerintah dalam dunia pendidikan sebagai cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Program ini memiliki banyak manfaat bagi mahasiswa salah satunya menambah pengalaman mengajar juga mengasah keterampilan mengajar secara langsung dilapangan. Namun, selain program ini memiliki manfaat yang baik bagi mahasiswa apakah program Merdeka Belajar- Kampus Mengajar ini relevan bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini?

Tidak ada yang salah dengan mahasiswa PGPAUD mengikuti program ini. Justru, program ini dapat memperluas wawasan mereka. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa tantangan yang perlu diperhatikan.

Pertama tantangan dalam pengalaman belajar mahasiswa. Program ini memberikan pengalaman yang baik bagi mahasiswa, akan tetapi dalam melaksanakan program ini tentunya tidak semua mahasiswa berlatar belakang pendidikan yang sesuai untuk mengajar pada tingkat sekolah dasar. Mereka mungkin kurang familiar dengan kurikulum, metode, dan strategi pembelajaran yang sesuai untuk anak yang lebih besar. Contohnya ketika mahasiswa jurusan PGPAUD mengikuti program ini tentunya tidak memiliki pengalaman mengajar pada tingkat sekolah dasar, hal ini dapat mempengaruhi kualitas pembelajaran yang dimana akan berbeda metode, strategi maupun dalam pembuatan perencanaan pembelajarannya. Hal ini dapat memengaruhi kualitas pembelajaran yang mereka berikan.

Kedua, perbedaan dalam perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran di tingkat PAUD dan sekolah dasar sangat berbeda. Mahasiswa PGPAUD mungkin merasa kesulitan dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai untuk siswa sekolah dasar, terutama jika mereka belum memiliki pengalaman mengajar di tingkat tersebut. Beban tambahan ini dapat berdampak pada prestasi akademik mereka.

Ketiga, kesesuaian kompetensi. Tidak semua mahasiswa PGPAUD memiliki minat dan bakat yang sama dalam mengajar. Mahasiswa yang kurang tertarik dengan pembelajaran di tingkat sekolah dasar mungkin kurang termotivasi dalam melaksanakan program ini.

Program Merdeka Belajar-Kampus Mengajar meskipun mendapatkan manfaat yang baik bagi mahasiswa tentunya terdapat berbagai tantangan dalam pelaksanaannya. Tantangan-tantangan ini perlu diperhatikan agar program Merdeka Belajar-Kampus Mengajar dapat memberikan manfaat lebih bagi mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar - Kampus Mengajar khususnya mahasiswa yang bukan khusus mengajar ditingkat Sekolah Dasar. Untuk mengatasi dan mengantisipasi beberapa tantangan diatas bisa dilakukan peningkatan persiapan mahasiswa, dimana sebelum melaksanakan program ini mahasiswa bisa dilakukan pelatihan sebelum terjun kelapangan mengenai keterampilan mengajar yang khusus untuk tingkat Sekolah Dasar.

Komentar Anda

BACA JUGA
Sabtu, 09 November 2024