Selasa, 07 Februari 2023 08:42 WIB

KEUNGGULAN MALAM DAN HARI ‘IDIL FITRI

Minggu, 09 Mei 2021 05:16:39

Oleh: Redaksi | 348 view

Dalam Kitab Tuhfatul Mardiyah Karangan Syekh Abdul Majid

oleh, Cecep Paijunnajat (Pondok Pesantren Bahrul Huda Malingping, Salebu, Mangunreja, Tasikmalaya).

Bismillahirrohmanirrohim

 'Idil Fitri adalah malam dan hari yang penuh ampunan dari Allah SWT. Allah akan memberikan kebahagiaan kepada orang mukmin yang sebulan penuh melaksanakan saum, beramal saleh, dan melaksanakan salat ‘Idil Fitri dengan berbagai pahala baik di dunia maupun di akhirat.

Menurut Imam Abi Sa’iid menceritakan, bahwa Rasululloh Sholallohu ‘alaihi Wassalam menyuruh kepadaku disaat hari ‘ Idil Fitri, untuk memberi makanan kepada orang fakir dari kerabatku. Rasulullah bersabda barang siapa yang memberi makanan kepada satu orang pada saat ‘Idil Fitri, maka ia akan dibebaskan dari api neraka, barang siapa yang memberikan makanan kepada dua orang pada saat ‘Idil Fitri, maka ia akan dituliskan oleh Allah SWT terbebas dari kemusyrikan, dan barang siapa yang memberi makanan kepada tiga orang pada saat ‘Idil Fitri, maka ia akan mendapatkan surga dan akan dinikahkan dengan bidadari surga.

Rosululloh Sholallohu ‘Alaihi Wassalam bersabda, barang siapa yang menghidupkan malam ‘Idil Fitri dengan amal kebaikan, maka hatinya tidak akan mati di saat orang lain hatinya mati. Maka pada malam ‘Idil Fitri sangat dianjurkan untuk memperbanyak zikir, tasbih, tahlil dan yang lainnya seperti yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Menurut  Imam Jarir, Rasulullah SAW bersabda, "Amaliyah kebaikan Romadhon tergantung antara langit dan bumi tidak akan diangkat kecuali mengeluarkan zakat fitrah". Artinya agar ibadah saum diterima dengan sempurna, maka harus mengeluarkan zakat fitrah, karena dengan zakat fitrah akan membersihkan dosa orang yang berpuasa. Zakat fitrah dikeluarkan oleh orang-orang yang ada dalam kecukupan makanan, pakaian dan rumah untuk kebutuhan keluarga sehari semalam saat ‘Idil Fitri.

Pada saat  hari ‘Idil Fitri disunahkan menggunakan pakaian yang paling bagus yang ada di rumah, karena Allah SWT akan mengembalikan kebahagian kepada abdi-Nya dengan memanggil orang mukminin, wahai orang mukmin kembalilah kalian ke rumah kalian karena dosa kalian sudah diampuni.

Dalam sebuah hadist dikatakan bahwa barang siapa mengucapkan  kalimat ‘Subhaanalloh Wabihamdihi; sebanyak 300 kali pada saat ‘Idil Fitri, kemudian dikhususkan kepada orang muslim yang telah meninggal, maka akan masuk ke dalam kubur orang muslim tersebut sebanyak 1000 cahaya, dan apabila yang membacanya meninggal dunia maka akan masuk pula 1000 cahaya ke dalam kuburnya dan pada saat kiamat akan diampuni dosanya oleh Allah SWT. Kemudian, Allah SWT berfirman, Saksikan wahai malaikat dan manusia bahwa aku telah mengampuni dosa-dosanya.

Dalam kisah yang lain diceritakan, barang siapa yang beristighfar kepada Allah 'Astaghfirullohal ‘adzim'  sebanyak 100 kali sesudah shalat subuh pada hari ‘Idil Fitri, maka tidak ada cacatan dosa kepada Allah sedikit pun pada buku amalnya, dan pada hari kiamat di bawah Arasy akan selamat dari azab Allah.

Pada saat ‘Idil Fitri ada beberapa hal yang perlu jadi perhatian, di antaranya:

1. Barang siapa yang berangkat ke kuburan Ibu Bapaknya yang telah meninggal, maka Allah akan memberikan kebaikan pada setiap langkahnya.

2. Barang siapa yang mencium kepala orang tuanya pada saat hari ‘Idil Fitri dan memuliakan kedua orang tuanya, maka Allah akan memuliakannya pula.

3. Barang siapa yang menghinakan orang fakir di hari ‘Idil Fitri, maka Allah akan menggunakannya pula pada hari kiamat dan Allah  tidak akan melihatnya.

4. Barang siapa yang memanggil orang fakir pada hari ‘Idil Fitri, lalu memberikan makanan sesuai yang diinginkannya, maka Allah akan memberikan kota dari cahaya dari perhiasan yakut dan akan diberi makanan surga di hari kiamat.

5. Barang siapa yang pulang dari tempat shalat menuju ke rumahnya dengan tenang dan damai, maka Allah akan memberikan pada setiap langkahnya dengan 10 kebaikan di hari kiamat.

6. Barang siapa yang berbuat dosa pada hari ‘Idil Fitri, maka Allah berfirman, “Apakah kamu tidak malu pada hari ini padaku, padahal aku melihat kamu dengan rahmat dan kasih sayang, sementara kalian menjauhiku dengan melakukan dosa, bertobatlah! maka aku akan mengampuni dosa kalian.” 

7. Barang siapa yang memberikan keleluasaan, kebahagiaan kapada diri sendiri dan keluarganya pada hari ‘Idil Fitri, maka Alloh akan memberikan pintu-pintu  kekayaan dan akan menutup pintu kefakiran.

Mudah-mudah Allah SWT menerima amal ibadah kita semua dan terimalah ya Allah yang maha mulia. Amiin yaa Robbal 'alamin.

Wallohu a’lam bishowab

Komentar Anda

BACA JUGA
Kamis, 07 April 2022